Enjoyjambi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Transportasi di Propinsi Jambi December 15, 2009

Filed under: TOUR — enjoyjambi @ 9:13 am
Tags: , , , ,

1.    Transportasi Darat

Jalan merupakan salah satu prasarana yang sangat penting untuk memperlancar sistem distribusi dalam kegiatan perekonomian. Menciptakan interkoneksi jaringan transportasi yang efisien dan efektif merupakan misi ke-3 Pemerintah Kota Jambi dalam Visi & Misi-nya.
Panjang jalan diseluruh Kota Jambi tahun 2005 adalah 618.250 km dengan 422.513 km (68,34%) dalam kondisi baik (Sumber : Dinas PU Kota Jambi).

Sementara itu, jumlah kedatangan dan keberangkatan bis melalui “Terminal Alam Barajo” sebanyak 68.404 bis, dengan jumlah kedatangan penumpang sebanyak 484.574 orang dan keberangkatan sebanyak 691.484 orang. (Terjadi kenaikan jumlah bis yang keluar masuk dibandingkan tahun 2003 yaitu : 43.089 bis, namun terjadi penurunan jumlah penumpang dari tahun 2003, yaitu : kedatangan 999.252 orang, keberangkatan : 1.178.546 orang).

Jumlah angkutan kota yang beroperasi di Kota Jambi tahun 2004 sebanyak 1.038 angkot, yang dimiliki oleh 15 perusahaan (Jumlah kendaraan tidak berubah sejak 1999, namun sejak 2003 jumlah perusahaan berkurang satu dari 16 menjadi 15 perusahaan).
Jumlah kendaraan angkutan penumpang antar kabupaten sebanyak 471 kendaraan, antar provinsi sebanyak 397 kendaraan, dan Taxi sebanyak 80 kendaraan. Angkutan Sewa sebanyak 56 unit kendaraan dan angkutan pariwisata sebanyak 18 kendaraan.

Sedangkan angkutan truck meningkat signifikan dari 2.418 truck tahun 2003 menjadi 6.370 truck tahun 2004. Sementara Jembatan timbang terdapat 1 unit.
(Sumber : Dinas Perhubungan Kota Jambi)

2.    Transportasi Udara

Di sektor transportasi udara, Kota Jambi dilayani oleh Bandara Sultan Thaha Syaifuddin yang dapat melayani penerbangan domestik maupun internasional. Bandara dengan landasan sepanjang 2.200 m ini dapat didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-200.

3.    Transportasi Laut

Di sektor transportasi laut, Kota Jambi dilayani oleh “Pelabuhan Talang Duku” (berjarak ± 20 km arah timur dari Kota Jambi), Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi. Pelabuhan yang berada di sisi Sungai Batanghari ini dapat disandari kapal berkapasitas hingga 750 dwt. Pemerintah Kota Jambi telah pula mempersiapkan rencana area datar seluas ± 560 ha di Kecamatan Jambi Timur yang relatif dekat dengan kawasan pelabuhan, dengan peruntukan area pembangunan kawasan industri berorientasi eksport.

Jumlah kapal yang sandar di “Pelabuhan Talang Duku”, tahun 2004 sebanyak 1.091 kapal, sedangkan yang berangkat sejumlah 786 kapal. Sementara jumlah penumpang yang datang sebanyak 692 orang dan yang berangkat sebanyak 662 orang. Jumlah barang yang dibongkar sebanyak 30.887 ton, sedangkan yang dimuat sebanyak 17.439 ton. Hinterland Pelabuhan Jambi menghasilkan antara lain karet, kayu lapis, dan moulding, yang merupakan komoditi ekspor ke Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Korea.

Pelabuhan Kuala Tungkal, yang terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, berjarak ± 110 km arah Timur Kota Jambi. Dermaga yang memiliki kapasitas sandar kapal hingga bobot 800 dwt ini, setiap harinya melayani lalu lintas hydrofoil (speed-boat) yang menghubungkan Kuala Tungkal (Jambi) dengan Batam, Tanjung Pinang dan kepulauan lainnya di Provinsi Kepulauan Riau. Dermaga ini juga merupakan tempat berlabuhnya nelayan pencari ikan di daerah yang terkenal dengan kontribusi hasil perikanan lautnya tersebut.

Pelabuhan Muaro Sabak yang terletak di Kapubaten Tanjung Jabung Timur (berjarak ± 100 km arah Timur Kota Jambi), merupakan dermaga laut terbesar di Provinsi Jambi, yang dapat disandari kapal berbobot hingga 5.000 dwt. Dermaga yang berhadapan dengan Selat Berhala yang terhubung lansung ke Selat Malaka ini, rencananya akan ditingkatkan hingga mampu disandari kapal yang berbobot hingga 15.000 dwt. Salah satu perusahaan yang menggunakan fasilitas area di dermaga ini adalah PetroChina International Jabung Ltd. yang memanfaatkan Terminal 3 Asam Pipih dalam aktifitas operasional eksport LPG dan LNG mereka dari FPU ke kapal tanker di laut lepas. Dengan rampungnya pembangunan Jembatan Batanghari II, di Sijenjang, Kota Jambi, maka jarak tempuh dari Kota Jambi ke Dermaga Internasional ini nantinya akan semakin dekat.

 

2 Responses to “Transportasi di Propinsi Jambi”

  1. Angga saputra Says:

    Selamat pagi

    saya angga saputra dari gresik-jawa timur, kalau boleh saya mohon dikirimin info tentang kendraan alternatif, jadwal dan tarif dari bandara kota jambi menuju kabupaten merangin dan sebaliknya, e-mail saya angga_eleanor@yahoo.com, mohon info dan bantuannya ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s